-->
  • Ranca Upas trail running

    Ranca Upas trail running, ADALAH tempat untuk Anda dan keluarga melakukan olahraga lari di kawasan objek wisata Kampung Cai Rancaupas Ciwidey. Manfaat olahraga lari di Kampungcai Rancaupas Ciwidey sangat baik untuk kesehatan karena memiliki udara yang 100 murni tanpa polusi dikelilingi hutan yang hijau. Laripagi di Kampungcai Rancaupas baiknya dilakukan pagi hari karena beberapa alasan sebagai berikut.

    Ranca Upas trail running

    Bangun pagi-pagi dan pergi keluar tenda, tentu kita akan merasakan sejuknya udara pagi. Udara dimana masih segar dan  belum tercemari oleh asap kendaraan bermotor. Di waktu ini sangat cocok untuk olahraga yang paling murah. Apalagi kalo bukan lari-lari pagi. Cukup mencari spot yang kondusif dan  persiapan perlengkapan pakaian sudah cukup untuk melakukan aktivitas ini.

    Aktivitas lari pagi ini semestinya sudah menjadi salah satu rutinitas kita. Beragam manfaat lari pagi bagi kesehatan memang sudah bukan rahasia lagi, berikut ini ulasan manfaat lari pagi selengkapnya :

    1. Umur Lebih Panjang - Walaupun lari pagi banyak menggerakkan kaki bukan berarti efeknya hanya pada jangka pendek saja. Faktanya dengan lari pagi juga, kita akan memiliki manfaat untuk jangka panjang.

    Penelitian : Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan berlari 56 Km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%. Wow, tunggu apalagi mari kita mulai membiasakan lari pagi. Walaupun kematian adalah keniscayaan bagi manusia, namun usaha kita selama kita hidup turut menentukan usia kematian kita.

    2. Kesehatan Jantung - Penelitian lain menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa di kurangi hingga 34%. Berlari pagi membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung. Selain mengurangi resiko penyakit jantung, dengan control terhadap jumlah kolesterol di dalam tubuh tersebut juga menurunkan resiko obesitas.

    3. Mencegah Impotensi - Khusus untuk pria, dengan berlari di pagi hari membantu fungsi kebugaran organ reproduksinya. Berangkat dari penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi bisa di atasi hingga 83% kefektifannya. Dengan demikian, salah satu masalah reproduksi yang paling tidak diinginkan kaum pria ini bisa diatasi dengan membiasakan diri berlari di pagi hari.

    4. Memperkuat Tulang - Penelitian : Universitas Missouri melakukan penelitian dengan membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para  pesepeda. Hasilnya 63 % pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibanding para pelari yang hanya 19%. Hal ini artinya meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang lebih baik dibanding para pesepeda.

    Angka tersebut menunjukkan bahwa pelari yang biasa berlari, ternyata memiliki sel-sel tulang lebih padat. Oleh karena itu, kenapa kita tidak meniru kebiasaan mereka? Dengan berlari tulang kita semakin padat dan kita menjadi pribadi yang lebih tahan banting.

    5. Mencegah Dimensia - Jurnal yang di buat oleh American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki rutinitas lari pagi sejak remaja akan mengurangi resiko kepikunan di saat usia senja. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa manfaat lari pagi mampu meningkatkan fungsi otak terkait kemampuan konsentrasi dan daya ingatnya, seperti yang didapat dari manfaat bermain catur.

    6. Memperbaiki Kualitas Tidur - Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia yang di latih untuk rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka mengatasi waktu tidurnya 17 menit lebih cepat. Selain itu mereka mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari. Manfaat jogging ini bisa menjadi referensi bagi anda penderita insomnia untuk memperbaiki waktu tidur anda agar kembali lebih normal.

    7. Membakar Kalori - Banyak orang yang melakukan lari pagi karena alasan ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Memang benar, bahwa lari pagi dapat mengurangi berat badan hingga 2 kali lebih efektif daripada yang didapat dari manfaat berjalan kaki. Aktvitas lari pagi akan membakar kalori hingga mencapai 2 kali lipat lebih efektif.

    Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengurangi berat badan anda dan saat ini sedang menjalani program diet, perlu bagi anda untuk mengimbanginya dengan rutinitas lari pagi.

    Jika masih ada pertanyaan, kritik dan saran atau apapun mengenai informasi atau mengenai isi dari site ini hubungi Saya Agus Duradjak,SE di HP 081224837001 BBM 597BACEE Telepon 022-85920070, terima kasih Anda telah membaca informasi ini yang berjudulRanca Upas trail running.



  • You might also like